IP public adalah IP yang digunakan dalam jaringan global Internet, karena kelas IP ini digunakan di dalam jaringan internet maka IP ini bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung. Dengan IP publik tidak akan menjadi masalah apabila kita ingin memantau atau melakukan konfigurasi mikrotik kita dari jarak jauh melalui jaringan internet. Jika koneksi internet kita menggunakan modem atau rt/rw net biasanya kita hanya mendapatkan koneksi dengan IP Privat. IP ini hanya bisa diakses dari jaringan local saja dan tidak bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung tanpa bantuan router (NAT), sehingga tidak bisa secara langsung kita gunakan untuk  mengakses mikrotik dari luar jaringan yang ada.

Untuk mensiasati hal tersebut kita dapat menggunakan bantuan VPN yang banyak tersedia secara gratis maupun berbayar dapat dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa contoh tunnel VPN yang bisa kita gunakan secara gratis pada saat ini yaitu my.centertunnel.com dan tunnel.my.id

Cara konfigurasi dengan menggunakan kedua kedua VPN diatas hampir sama, namun kali ini kita akan mencoba untuk mengakses mikrotik tanpa ip publik dengan menggunakan tunnel.my.id dan berikut cara konfigurasinya :

 

1. Silahkan buka tunnel.my.id  dan lakukan registrasi jika belum memiliki akun atau log ini jika sudah memiliki akun aktif

 

2. Setelah berhasil masuk di tunnel.my.id di menu VPN klik Add VPN Account


Pilih lokasi server (US : Gratis atau ID : Berbayar ) bisa dicoba dengan menggunakan My Tunnel US 1/2

Isi username dan password yang akan digunakan untuk konek VPN dari mikrotik

Isi CNAME Domain jika anda memiliki web / blog dengan hosting sendiri, namun sebelumnya harus membuat CNAME pada CPANEL web hosting anda dan di koneksikan dengan server tunnel.my.id Jika tidak bagian ini bisa Dikosongkan.

Klik Save and go back to list maka akan tampil informasi dari server yang telah kita buat

 

3. Log in ke mikrotik (dapat melalui winbox) lalu Klik menu interface

Pada menu interface Klik simbol “+” untuk menambah interface baru

Pilih OVPN Client

Pilih TAB Dial Out dan isikan informasi server yang kita peroleh saat daftar akun VPN di tunnel.my.id

Setelah semua informasi terisi dengan benar silahkan apply dan perhatikan status harus connected

 

Selesai

 

Silahkan coba akses mikrotik, jika melalui web lihat Port 80 akses pada alamat server yang diberikan di informasi akun VPN atau bisa melalui CNAME. (login dengan username dan password mikrotik kalian)

Akses mikrotik jika melalui winbox lihat Port 8291 akses pada alamat server yang diberikan di informasi akun VPN (login dengan username dan password mikrotik kalian)

Akses mikrotik jika melalui Putty di Port 22 akses pada alamat server yang diberikan di informasi akun VPN (login dengan username dan password mikrotik kalian)

 

3 thoughts on “Cara akses router Mikrotik RB 941 – 2nD tanpa IP Publik”

  1. hallo pak, sy mau tanya sebelum update ke v, 6.43.3 remote dengan metode ini baik2 saja. ketika terupdate tidak bisa masuk sama sekali padahal sudah connected. mohon pencerahannya ya. makasi

Komentar kamu