Kompresor / compressor angin adalah sebuah peralatan yang mehasilkan semburan tekanan angin yang dapat digunakan pekerjaan yang membutuhkan tekanan angin untuk mengerjakannya, seperti memompa roda kendaraan, pengecatan, membersihkan mesin saat melakukan servis, dll.

Saya membeli sebuah kompresor angin listrik dengan merek Lakoni Imola tipe 0,75 HP pada satu tahun yang lalu. Karena sejak pembelian saya belum pernah mengganti oli, kali ini saya akan mengganti oli kompresor yang saya gunakan. Dari awal oli untuk kompresor menggunakan bawaan dari paket pembelian sehingga tidak ada spesifikasi mengenai oli yang dipakai, selanjutnya saya mencari informasi dari buku panduan penggunaan namun tidak juga menemukan informasi mengenai oli yang digunakan. Informasi saya dapatkan dari sales yang menjual kompresor tersebut bahwa oli yang digunakan adalah sama seperti oli kendaraan bermotor karena sama – sama menggunakan piston set, namun disarankan untuk menggunakan oli kendaraan dengan tipe kopling kering seperti mobil. Untuk kekentalannya sendiri dapat menggunakan SAE 20W-50, sehingga saya menggunakan oli SHELL HX3 dengan kekentalan 20W-50 namun untuk produk yang lain dengan kekentalan sama anda juga bisa menggunakan PERTAMINA PRIMA XP. Informasi yang lain saya dapatkan bahwa untuk mengganti oli kompresor dengan menggunakan oli hidrolik, namun saya belum mengetahui informasi mana yang lebih tepat mengenai oli kompresor. Jika ada teman – teman yang lebih mengetahui silahkan koreksi dengan memberi komentar di bawah.

Berikut adalah cara mengganti oli kompresor angin listrik yang saya terapkan pada kompresor Lakoni Imola 0,75HP :

1. Isi angin kompressor yang akan kita gunakan untuk membersihkan sisa oli pada tampungan dengan menggunakan air duster gun.

2. Buka baut pembuangan oli / oil drain plug yang terletak disebelah belakang mesin dengan menggunakan kunci pas no 21 / kunci inggris. Baut terbuat dari plastik transparan yang dilengkapi dengan indikator oli.

3. Buka penutup lubang pengisisan oli dan kuras oli sampai habis bila perlu bersihkan dengan air duster gun.

4. Tutup kembali baut pembuangan oli

5. Isikan oli yang telah kita sediakan hingga indikator menujukkan level 90% ditunjukkan adanya rongga udara pada indikator dan jangan isi hingga penampungan penuh, berikan ruang sebagai rongga udara.

6. Tutup baut pengisian oli dan kompresor siap digunakan.

22 thoughts on “Cara Mengganti Oli Kompresor Angin Listrik”

  1. Bagus gan artikelnya membantu,berhubung sama persis kompressornya. Saya mau tanya apa benar kalo terlalu panas gk bisa nyala tuh kompressor gan?

    1. Belum pernah mencoba untuk pemakaian terus menerus dalam waktu lama. Selama ini untuk pemakaian biasa saya ngecat durasi 1 jam an selalu menyala.

    2. kan ada thermal protection nya… memang begitu kerja nya… jika terlalu panas.. maka akan berhenti bekerja.. tapi nggak tahu jua sih.. apa itu nanti kalo dingin.. bisa nyala lagi…

    3. iya gan, ane punya yg 3/4 hp. dipake ngcat sama tukang cat ranjang besi yang ane suruh, seharian, besoknya muncul gejala overheating. nyala 15 menit langsung mati, bodi kompressor panas sekali.

  2. Gan , klo kompresor suaranya berbunyi terll keras, gmn cara meredamnya gan, kompresor saya jg merk lakoni.msh dpt 1bulan saya beli.

  3. terima kasih buat TS atas info ini.. saya baru menerima hibah kompresor ini… bisa muter tapi bentar.. trus malah stop… saya liat oli kurang.. danhitam sekali… saya tanya yang punya.. eh 4 tahun pakai nggak pernah ganti oli ??

  4. terima kasih buat TS atas info ini.. saya baru menerima hibah kompresor ini… bisa muter tapi bentar.. trus malah stop… saya liat oli kurang.. danhitam sekali… saya tanya yang punya.. eh 4 tahun pakai nggak pernah ganti oli ??

  5. terima kasih buat TS atas info ini.. saya baru menerima hibah kompresor ini… bisa muter tapi bentar.. trus malah stop… saya liat oli kurang.. danhitam sekali… saya tanya yang punya.. eh 4 tahun pakai nggak pernah ganti oli ??

  6. Gan kalo cara membuang air yang ada dalam tabungnya gimana gan.. solanya banyak air di dalamnya..

    1. Cukup membuka baut untuk menguras air yang terletak dibagian bawah dari tangki compressornya

  7. Assalamualaikum pak admin, saya pengguna compresor lakoni imola 75 baru 2minggu.. saya juga korban picratan oli compresor tsb, apa yg jadi pemicu letupan oli ketika saya mengisi angin lalu membuka baut pmbuangan oli malah muncrat dari tutup atas tangki oli

  8. Selamat siang gan, saya baru beli lakoni 75 ini. pada pemakain pertama angin tidak terisi penuh gan, hanya sekitar 30%. padahal kompressor sudah dihidupkan lebih dari 15 menit tetapi angin di tabung tidak jg penuh. mohon sarannya gan, terima kasih

  9. oli kompresor itu pakai ISO VG 32, 46, max 68
    kalo ga bisa dapet, coba tanya oli forklift
    pakai oli kompresor kulkas bisa, tapi kemahalan
    coba tanya ke bengkel industri, biasanya mereknya pertamina turalik, pilih min VG32 max VG68
    harga biasanya 30ribuan, segituan

  10. salam sy punya kompressr multipro 1/4 HP tp tdk bisa mengisi penuh anginnya jarum berhenti diangka 4
    mohon pencerahannya…

  11. Minn mau nanya saya make kompresor lakoni imola 75 hp mau ganti oli make oli apa yah yang bagus

Komentar kamu