Jenis Shot dalam Pengambilan Gambar dengan Kamera

Kamera adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi untuk merubah cahaya menjadi getaran elektrik. Alat ini berfungsi untuk megambil gambar dalam penyiaran televisi maupun fotografi. Dalam melakukan pengambilan gambar terdapat beberapa acuan komposisi saat melakukan framing / penempatan gambar objek pada kamera. Komposisi dapat dikategorikan pada jarak objek yang tampak pada kamera, serta berapa banyak objek yang terlihat pada kamera.

Bila dikategorikan pada jarak objek yang tampil di kamera, maka ada 5 istilah tipe shot dalam kompoisi pengambilan gambar yaitu: extreme long shot (ELS or XLS), long shot (LS), medium shot (MS), close-up (CU), and extreme close-up (ECU or XCU).

Bila dikategorikan berdasarkan jumlah orang yang nampak pada kamera, maka ada beberapa istilah yang sering dipakai  yaitu; Bust shot, yang membingkai bagian atas seseorang; Knee Shot, yang menunjukkan orang tersebut kira-kira mulai dari lutut; Two Shot, yang menunjukkan dua orang dalam frame gambar; Three Shot, yang menunjukkan tiga orang dalam frame gambar; overthe-shoulder shot (O/S), yang menunjukkan kamera memandang seseorang dari atas
bahu orang lain lebih dekat ke kamera; dan cross-shot (X/S), yang terlihat
bergantian pada satu atau orang lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh gambar di berikut :

1. Jarak pandang pada kamera

 

 

 

2. Jumlah orang yang nampak pada kamera

 

 

Herbert Zettl “Video Basics”

Komentar kamu