Saat kita melakukan instalasi sistem operasi seperti windows dengan tujuan biasanya untuk mengupgrade ke sistem yang lebih baru atau hanya sekedar untuk memperbaiki karena terjadi keruakan windows yang kita gunakan. Saat perangkat kita dilengkapi dengan driver mungkin tidak akan menjadi masalah setelah instalasi sitem, namun mesalah kadang kita temui jika peragkat yang kita instal ulang tidak dilengkapi dengan driver bawaan. Salah satu masalah yang mungkin muncul adalah tidak dikenalinya salah satu bagian perangkat keras kita oleh sistem operasi sehingga kita harus melakukan instalasi driver yang diperlukan agar perangkat dapat berjalan.  Untuk mengetahui perangkat apa saja yang belum dikenali oleh sistem kita bisa mengetahuinya melalui Device Manager, perangkat yang belum dikenali oleh sistem biasanya akan muncul pada Other Devices dan diberi tanda ” ! “. Driver ini dapat kita download melalui internet jika kita telah mengetahui driver yang dibutuhkan, namun kadang di Device Manager pada Other Device muncul perangkan berupa ” Base System Device ” atau unknown devices, sehigga mebingungkan kita driver apa yang harus kita download. Berikut adalah salah satu cara mencari driver yang dikenali sistem sebagai base system devices :

1. Masuk ke device manager (klik kanan pada My Computer -> Klik Device manager) selanjutnya klik kanan pada perangkat dengan id Base System Device -> Update Driver Software -> Search automatically for updated driver software.

Jika cara ini tidak berhasil karena adanya masalah jaringan iterternet atau permasalahan lain bisa kita coba dengan cara ke 2 yang sudah saya coba di perangkat saya dan berhasil.

 

2. Masuk ke Device Manager selanjutnya Klik kanan pada perangkat dengan keterangan Base System Device dan pilih Properties

klik pada bagian Tab Details

pada bagian Property ganti ke Hardware Ids

perhatian pada bagian Value Id VEN sebagai vendor dan DEV sevagai Devices

Selanjutnya kita akan mencari perangkat ID dari VEN atau DEV yang diketahui sehingga kita dapat download driver dan instal di perangkat kita.

buka alamat situs pcidatabase.com  dan masukkan ID VEN atau DEV yang telah kita ketahui

Bisa kita pilih pencarian berdasarkan Vendor atau Device, kali ini saya coba pencarian melalui Device.

setelah hasil diketahui silahkan anda mengnjungi situs resmi yang terdapat pada detail Vendor Name atau bisa anda Copy pada bagian Chip Description dan Paste kan pada situs pencarian Google untuk mencari driver yang sesuai.

Sekian dan semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Komentar kamu