SMS (Short Message Service) murapakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek dengan sebuah telepon genggam. SMS sempat populer pada tahun 90an hingga 2000an karena tarifnya yang murah pada saat itu. Namun pada saat ini layanan SMS dirasa kurang menarik karena banyaknya layanan Instan Messaging menawarkan layanan pesan singkat secara lebih cepat dengan biaya yang jauh lebih murah bahkan gratis dengan menggunakan wi-fi. Hal itu pula yang saya rasakan bahwa saya fikir layanan SMS tidak lagi penting, sehingga ada masalah ringtone SMS yang tidak bisa keluar  di Samsung Galaxy J5 karena saya coba ganti ringtone melalui menu setting Рsound and vibrations Рringtone dan melalui menu setting notification pada messaging hasilnya sama, ringtone tetap tidak keluar saat dicoba saat dicoba untuk menerima SMS. Sebelumnya saya juga sudah sempat coba reset factory namun juga tidak membuahkan hasil. Saat menerima pesan dari WA, BBM, dll serta mendengarkan musik dapat keluar seperti biasa, sehingga saya yakin bahwa tidak ada masalah dengan hardware.

Pada akhir – akhir ini masalah ringtone yang tidak keluar saat menerima SMS agak menganggu saya karena banyak pesan penting yang terlewatkan masuk melalui SMS. Setelah mancari – cari sumber masalahnya akhirnya bisa ditemukan, yaitu pada bagian notifikasi aplikasi messaging ter blocked. Setelah saya coba allow notifications akhirnya ringtone SMS bisa keluar dengan normal. Berikut adalah langkah – langkah yang saya lakukan :

1. Buka menu SettingAplication

2. Pilih Aplication Manager

3. Pilih Messages

4. Pada bagian Notification jika statusnya blocked silahkan tab dan aktfikan allow notifications

5. Silahkan dicoba untuk ganti – ganti ringtone dan menerima SMS. Semoga berhasil..

4 thoughts on “Mengatasi ringtone SMS Samsung Galaxy J5 tidak berbunyi”

  1. terimakasih informasinya admin, akhirnya saya bisa memperbaikinya

  2. Terimakasih.. saya juga mengalami hal yg sama dn sekarang syukur setelah membaca petunjuknya sekarang pesan masuk saya sudah bunyi. Makasih

Komentar kamu