Pada dasarnya semua mikrofon memenuhi fungsi dasar yang sama yaitu bekerja dengan mengubah getaran suara ke dalam sinyal listrik audio, setiap mikrofon memiliki kemampuan dan sifat yang berbeda dengan tujuan yang berbeda. Suatu audio yang bagus mengharuskan seorang sound engineer tahu bagaimana memilih mic yang tepat untuk menerima suara tertentu, karena bukan tugas yang mudah untuk memilik mic yang tepat saat dihadapkan dengan segudang mic yang tersedia. Terlepas dari semua nama, merek dan tipenya, kita bisa memahami mikrofon yang berbeda dengan mengklasifikasikannya oleh seberapa baik mikrofon menagkap suara dari arah tertentu atau yang biasa disebut dengan polar pattern / pickup pattern (pola arah microphone).

Berikut klasifikasi mikrofon berdasarkan zona arah mic dalam menangkan sumber suara / polar pattern :
  1. Omni directional atau segala arah. Mikrofon omnidirectional memiliki kemampuan sama baiknya dalam menerima sumber suara dari semua arah. Omnidirectional diberi simbol lingkaran seperti bola yang merupakan gambaran arah penerimaan sumber suara dengan posisi mic berada ditengah lingkaran tersebut.
  2. Bi directional atau dua arah. Mikrofon bi directional dirancang untuk menerima dengan baik sumber suara dari dua arah bagian depan dan belakang mic. Karena pola pick up dari mic dua arah, maka diberi simbol berbentuk seperti angka delapan.                                                                                           
  3. Uni directional atau satu arah. Mikrofon unidirectional dirancang untuk menerima dengan baik sumber suara dari satu arah bagian depan. Karena pola pick up dari mic satu arah, maka diberi simbol berbentuk seperti hati. Unidirectional juga disebut sebagai cardioid.                                                                    
  4. Hyper Cardioid dirancang untuk menerima sumber suara dengan jarah lebih jauh secara satu arah dari depan dan sedikit dari arah belakang dengan sudut penerimaan yang sempit serta menghilangkan penerimaan suara dari sisi kiri dan kanan mic.                                                                                                                        

 

 

Komentar kamu