Drum Set merupakan elemen penting di hampir semua jenis musik dengan gaya bervariasi dari satu pemain ke pemain lainnya,
Tata letak
tipikal dalam drum set ditunjukkan pada berikut dengan unsur dasarnya adalah:

1. Kick drum: dimainkan dengan pegangan pegas yang dioperasikan dengan kaki kanan.
2. Snare drum: dimainkan oleh stik ringan dengan kedua tangan.
3. Hi-hat simbal: terdiri dari satu simbal tetap dan satu bergerak yang diartikulasikan oleh kaki kiri pemain. Sepasang simbal dipukul dengan satu tongkat di tangan kanan, dan tangan kiri berada untuk memvariasikan timbre.
4. Overhead cymbals: dimainkan bebas dengan tongkat kiri / kanan biasanya ada tiga yang sering dikenal dengan nama berikut:“ride” cymbal, “crash” cymbal, and “sizzle” cymbal. Cymbal saat simbal dipukul akan menghasilkan suara sengan nada tinggi.
5. Tom-tom: Umumnya dikenal sebagai “tom”, ini adalah drum kecil dipukul dengan tongkat kanan/kiri.

 

Saat melakukan rekaman studio dalam setup drum memerlukan waktu yang lama karena banyak penyesuaian yang dilakukan pada drum sebelum permainan berlangsung. Setiap mecrophone instrumen di drum set akan diposisikan secara tepat sehingga menghasilkan suara drum yang sesuai dengan karakter masing – masing instrumen.

 

Setting Microphone Drum dalam Recording Sederhana

Banyak permainan musik jazz akustik kecil hanya membutuhkan pickup dasar drum set, terdiri dari sepasang stereo mikrofon overhead dan mikrofon kick drum tunggal. Pasangan mikrofon overhead biasanya menggunakan condenser, dengan frekuensi respon pada frekuensi tinggi. Penempatan mikrofon ini seperti ditunjukkan pada gambar berikut. Dengan arah ditujukan pada simbal hi-hat dan tom kanan, masing-masing kedua mikrofon harus ditempatkan sedikit lebih tinggi dari kepala pemain dan sedikit ke belakang sehingga tidak mengalihkan perhatian pemain. Tujuannya adalah untuk mengambil suara drum set seperti yang didengar oleh pemain.

Mikrofon kick biasanya diletakkan dekat dengan instrumen kick drum di sisi yang jauh dari pemain. Pilihan mikrofon bervariasi; mikrofon harus mampu menerima frekuesnsi rendah dengan baik serta bisa menangani sinyal paling keras yang akan dihasilkan pemain.
Trek drum biasanya direkam kering, dengan masing-masing mikrofon berada pada jalur yang terpisah. Posisi pan pot, tendangan drum biasanya diposisi tengah, sedangkan overhead yang disorot kiri dan kanan, seperti yang ditentukan oleh kebutuhan musik dan pertimbangan spasial.

 

Recording Drum Set Secara Lebih Kompleks

Dalam melakukan rekaman drum set secara kompleks kita memerlukan microphone dan soundcard dengan jumlah yang lebih banyak jika ingin direkan secara kering. Kita akan mengambil masing – masing elemen dalam drum set. Berikut adalah hal – hal yang harus diperhatikan:


1. Toms dan snare drum: Anda bisa menggunakan mikrofon dynamic yang mampu untuk menerima frkuensi menengah secara sempurna. Mikrofon diletakkan sedikit di atas dan di belakang drum.
2. Simbal dan hi-hat: Instrumen ini akan berayun-ayun pada saat titik pivot tengah dipukul, dan mikrofon harus ditempatkan dengan hati-hati dalam
drum setserta jauh dari pemain dan dengan jarak yang cukup sehingga tidak mengganggu pemain drum. Posisi mikrofon normal seharusnya tidak di tepi simbal tapi sedikit di atas simbal. Alasannya adalah pola radiasi simbal berubah dengan cepat sepanjang tepi dengan perubahan sudut kecil.

Bila begitu banyak mikrofon digunakan pada satu set instrumen, penting untuk menentukan nilai frekuensi pada equalizer agar kebocoran bisa ditekan seminimal mungkin.

 

 

John Eargle “The Microphone Book”

Komentar kamu