Cara Mengganti Oli Kompresor Angin Listrik

Kompresor / compressor angin adalah sebuah peralatan yang mehasilkan semburan tekanan angin yang dapat digunakan pekerjaan yang membutuhkan tekanan angin untuk mengerjakannya, seperti memompa roda kendaraan, pengecatan, membersihkan mesin saat melakukan servis, dll.

Saya membeli sebuah kompresor angin listrik dengan merek Lakoni Imola tipe 0,75 HP pada satu tahun yang lalu. Karena sejak pembelian saya belum pernah mengganti oli, kali ini saya akan mengganti oli kompresor yang saya gunakan. Dari awal oli untuk kompresor menggunakan bawaan dari paket pembelian sehingga tidak ada spesifikasi mengenai oli yang dipakai, selanjutnya saya mencari informasi dari buku panduan penggunaan namun tidak juga menemukan informasi mengenai oli yang digunakan. Informasi saya dapatkan dari sales yang menjual kompresor tersebut bahwa oli yang digunakan adalah sama seperti oli kendaraan bermotor karena sama – sama menggunakan piston set, namun disarankan untuk menggunakan oli kendaraan dengan tipe kopling kering seperti mobil. Untuk kekentalannya sendiri dapat menggunakan SAE 20W-50, sehingga saya menggunakan oli SHELL HX3 dengan kekentalan 20W-50 namun untuk produk yang lain dengan kekentalan sama anda juga bisa menggunakan PERTAMINA PRIMA XP. Informasi yang lain saya dapatkan bahwa untuk mengganti oli kompresor dengan menggunakan oli hidrolik, namun saya belum mengetahui informasi mana yang lebih tepat mengenai oli kompresor. Jika ada teman – teman yang lebih mengetahui silahkan koreksi dengan memberi komentar di bawah.

Berikut adalah cara mengganti oli kompresor angin listrik yang saya terapkan pada kompresor Lakoni Imola 0,75HP :

1. Isi angin kompressor yang akan kita gunakan untuk membersihkan sisa oli pada tampungan dengan menggunakan air duster gun.

2. Buka baut pembuangan oli / oil drain plug yang terletak disebelah belakang mesin dengan menggunakan kunci pas no 21 / kunci inggris. Baut terbuat dari plastik transparan yang dilengkapi dengan indikator oli.

3. Buka penutup lubang pengisisan oli dan kuras oli sampai habis bila perlu bersihkan dengan air duster gun.

4. Tutup kembali baut pembuangan oli

5. Isikan oli yang telah kita sediakan hingga indikator menujukkan level 90% ditunjukkan adanya rongga udara pada indikator dan jangan isi hingga penampungan penuh, berikan ruang sebagai rongga udara.

6. Tutup baut pengisian oli dan kompresor siap digunakan.