Fungsi Lampu Dalam Studio / Film dengan Lighting Godox LED 500C

Pengertian

Lighting / lampu adalah sebuah peralatan yang digunakan dalam membantu memberikan penerangan / membentuk karakter dalam proses pengambilan gambar dengan kamera. Dengan adanya cahaya maka juga akan membantu kamera elektronik dapat bekerja. Berdasarkan karakter cahaya yang dihasilkan jenis lampu / lighting dibagi menjadi tungsten dan dayligh, jika berdasakan sifat cahaya yang dihasilkan lighting dibagi menjadi hard ligh dan soft ligh, sedangkan jika berdasarkan teknologi lighting dibagi menjadi Halogen dan LED. Dari setiap jenis lighting memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing serta memiliki penerapan yang berbeda – beda menyesuaikan dengan kebutuhan artistik dan cerita dalam produksi program penyiaran televisi atau film.

LED Video Ligh Godox 500C

Godox LED500C

Godox merupakan sebuah brand yang memiliki banyak produk terutama lampu. Ada banyak tipe lampu yang sudah dikeluarkan dari brand ini baik dengan teknologi halogen dan LED. Dalam memilih tipe tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan kalian apakah untuk fotografi atau videografi karena tentu saja akan merujuk pada tipe yang berbeda. Godox 500C merupakan sebuah lighting dengan teknologi LED yang tentu saja membutuhkan daya rendah serta bobot yang ringan sehingga sangat cocok untuk penggunaan secara portable atau mobile.

Karakter Cahaya

Godox LED Video Light 500C ini menghasilkan cahaya dengan color temperature antara 3300K – 5600K sehingga lebih leluasa untuk penggunaan didalam dan luar ruangan. Pengaturan color temperature ini dapat dilakukan dengan mudah melalui tombol dan potensio yang terdapat dibagian belakang lampu. Untuk mengetahui tingkatan color temperature juga terdapat display yang menunjukkan nilai Kelvin serta presentase intensitas cahaya.

Catu Daya

Lighting jenis ini bekerja dengan menggunakan adaptor DC dengan tegangan antara 13v~16v dengan arus sebesar 3A. Untuk penggunaan secara mobile / portable di lokasi – lokasi yang tidak terjangkau jaringan listrik kita juga dapat mengoperasikan lampu ini dengan menggunakan baterai berjenis NP-F sebanyak 2 buah.

Desain

Barndoor dan deffuser

Godox 500C memeliki dimensi 25cm x 17cm dengan menggunakan 500 titik LED. Pada bagian depan dilengkapi dengan barndoor yang berfungsi untuk mengatur lebar area yang ingin disinari serta terdapat deffuser yang membantu dalam meratakan pencahayaan. Sedangkan dibagian belakang terdapat port dc, 2x socket baterai, mini display serta beberapa tombol pengaturan tingkat intensitas cahaya serta color temperature. Dibagian kanan dan kiri terdapat pengunci untuk mengatur posisi tilting pada lampu.

Tahapan dalam menggunakan lighting/lampu dalam produksi :

  1. Pasang stand lamp / tiang penyangga lampu
  2. Posisikan stand lamp pada blocking area yang sudah ditentukan
  3. Pasang lampu pada stand lamp
  4. Pasang catudaya lampu dan nayalakan, jika lampu tidak dilengkapi dengan dimmer light / remote
  5. Atur ketinggian lampu disesuaikan dengan set artistik
  6. Atur posisi pencahayaan pada objek yang ingin disinari
  7. Selesai

Materi Video :

Godox LED500C
Takara Spirit 3